Senin, 16 Maret 2015

TEKANAN
            Pada zat padat tidak ada batasan ke arah mana kakas permukaan beraksi terhadapnya. Berbeda dengan zat alir, kita tidak dapat menerapkan kakas permukaan seperti itu terhadapnya. Kakas harus selalu diarahkan tegak lurus pada permukaan zat alir yang diam karena zat alir yang diam karena zat alir diam tidak mampu menahan kakas tangensial. Kakas tangensial akan menyebabkan lapisan-lapisan zat alir menggelincir di atas lapisan lainnya. Namun ketidakmampuan zat alir menahan kakas tangensial. Tekanan (p) didefinisikan sebagai kakas normal (F) persatuan luas (A), yang dapat dituliskan secara matematis dengan :
                                                                        p = F/A
Secara mikroskopik, dalam uap atau gas, tekanan muncul dari pergesaran terus menerus dari pergerakan molekul pada bidang batas wadahnya. Jadi tekanan yang dikenakan akan sebanding dengan jumlah, massa dan aktivitas molekul-molekulnya. Dalam saruan SI, tekanan biasanya dinyatakan dengan pascal (Pa),
1 Pascal = 1 Pa = 1 N/m2
1 bar = 105 N/m2
Satuan lain yang juga digunakan,
1 mikrobar = 1 dyne/cm2=10-6 bar=0,1 Pa
1 millimeter = 1 mmHg = 1332,22 mickrobar
1 torr = 1 mmHg
Dalam satuan keteknikan, tekanan dinyatakan dalam psi (lb/in2)
1 psi = 6,89 x 103 Pa



Tekanan mutlak dan tekanan tolok
               Kebanyakan alat pengukur tekanan menggunakan atmosfer standar sebagai tekanan acuan. Alat pengukur tekanan digunakan untuk mengukur tekanan tolok yaitu perbedaan antara tekanan yang sesungguhnya dengan tekanan atmosfer. Tekanan sesungguhnya disuatu titik didalam zat alir yang diukur relatif terhadap tekanan nol mutlak disebut tekanan mutlak.
Manometer dan Barometer
               Pengukuran tekanan paling sederhana adalah manometer pipa terbuka. Pipa berbrntuk U berisi cairan yang dihubungkan dengan sistem (tangkai ) yang tekanannya hendak diukur, sedang ujunng lain dihubungkan dengan tekanan atmosfer. Selisih tekanan (p1-p2 = p-pa’) harganya sebanding dengan perbedaan tinggi kolom cairan (y2-y1), atau dituliskan :
p-pa=pg(y2-y1)
p adalah tekanan mutlak. Selisih antara tekanan mutlak degan tekanan atmosfer disebut tekanan tolok (p-pa). Harga p idak bergantung pada tekanan.

Barometer raksa terdiri atas pipa gelas panjang setelah diisi dengan raksa dibalik dan dimasukkan ke dalam bejana yang berisi raksa pula.

0 Comments:

Post a Comment



Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

By :
Free Blog Templates