Sabtu, 21 Maret 2015

about motor listrik

hampir setiap gerakan mekanis yang anda lihat di sekitar anda disebabkan oleh motor listrik AC (alternating current) atau DC (arus searah). Sebuah motor listrik sederhana memiliki enam bagian:
1.      Armature or rotor
2.      Commutator
3.      Brushes
4.      Axle
5.      Field magnet(magnet permanen)
6.      DC power supply of some sort
Dengan memahami bagaimana prinsip kerja motor listrik maka anda akan belajar banyak tentang magnet, elektromagnet dan listrik pada umumnya. Pada artikel ini, kita akan belajar apa yang membuat motor listrik itu bekerja.
Motor listrik adalah semua tentang magnet dan magnet. Sebuah motor menggunakan magnet untuk menciptakan geraknya. Jika Anda pernah bermain dengan magnet maka anda tahu tentang hukum fundamental dari semua magnet, yaitu: tarik menarik dan tolak menolak. Jadi jika anda memiliki dua batang magnet  maka ujung utara dari satu magnet akan menarik ujung selatan yang lain. Di sisi lain, ujung utara magnet akan menolak satu ujung utara yang lain dan begitu juga sebaliknya ujung selatan akan menolak selatan lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan gerak rotasi di dalam motor listrik.



Pada gambar di atas, anda dapat melihat dua magnet di motor: Rotor adalah elektromagnet, sedangkan field magnet (magnet yang diam di sisi samping) adalah magnet permanen. Motor listrik di bawah ini adalah motor listrik sederhana yang mungkin biasa anda temukan di sebuah mainan.
Anda dapat melihat bahwa ini adalah sebuah motor listrik kecil. Dari luar, Anda dapat melihat kaleng baja yang membentuk tubuh motor listrik, poros, dan dua kabel yang dihubungkan ke baterai. Jika anda menghubungkan kabel baterai dari motor listrik hingga baterai maka poros akan berputar. Jika anda membalik kedua kabel tersebut satu sama lain maka poros akan berputar ke arah yang berlawanan
Electromagnet
Untuk memahami bagaimana sebuah motor listrik bekerja, kuncinya adalah memahami bagaimana elektromagnet bekerja. Elektromagnet adalah dasar dari sebuah motor listrik. Jika anda menciptakan sebuah elektromagnet sederhana dengan membungkus 100 loop kawat di sekitar paku dan menghubungkannya ke baterai. Paku tersebut akan menjadi magnet dan memiliki kutub utara dan selatan ketika terhubung dengan baterai.

Pada gambar diatas, ujung utara elektromagnet yang dihasilkan baterai pada paku akan ditolak oleh ujung utara magnet U (tapal kuda) dan tertarik ke ujung selatan magnet U. Ujung selatan elektromagnet akan ditolak dengan cara yang sama. Paku akan bergerak setengah putaran dan kemudian berhenti dalam posisi yang ditunjukkan. Secara keseluruhan pergerakan dari komponen-komponen motor listrik di ilustrasikan seperti gambar di bawah ini:cara kerja motor listrik



0 Comments:

Post a Comment



Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

By :
Free Blog Templates