Kamis, 02 April 2015


Sejumlah tertentu dari bahan yang sedang diteliti disebut sistem. Sistem termodinamik adalah sistem yang keadaannya diberikan oleh besaran-besaran termodinamik. Berdasarkan interaksi dengan lingkungannya, sistem dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sistem terbuka, tertutup, dan terisolasi.
            Keadaan suatu sistem ditentukan oleh beberapa syarat yang disebut sifat sistem, yang biasanya diamati secara kuantitatif yang disebut besaran. Besaran dibagi menjadi dua yaitu, besaran ekstensif dan besaran instensif. Terdapat tiga sifat sistem yang penting, yaitu volume, tekanan, dan suhu.
            Perbandingan antara besaran ekstensif suatu sistem terhadap massa sistem disebut harga jenis purata dari sistem. Harga jenis molal purata didefinisikan sebagai perbandingan antara harga dari besaran ekstensif dengan jumlah mol dari sistem.
            Apabila suatu sistem memenuhi syarat-syarat keset  imbangan mekanis, termal dan kimiawi maka sistem disebut dalam keadaan kesetimbangan termodinamik.
            Proses adalah perubahan suatu sistem dari satu keadaan ke keadaan lain. Dikenal dua jenis proses yaitu kuasistatis dan tidak kuasistatis. Proses kualistatis dibedakan menjadi poses isothermal, isochoris, isobaris dan adibiatis. Bila dua sistem satu sama lain berada dalam kesetimbangan termal maka suhu kedua sistem tersebut sama. Alat untuk mengukur suhu disebut thermometer. Thermometer yang baik ditentukan oleh kepekaannya, ketelitiannya, dan keterulangannya (dengan diperbanyak)serta kecepatannya mencapai kesetimbangan termaldengan sistem lainnya. Skala yang digunakan dalam keteknikan adalah Rankine dan Fahrenheit, sedangkan dalam satuan metris digunakan skala Kelvin – dan Celcius.
            Perilaku gas pada tekanan rendah mempunyai hubungan dan disebut sebagai gas ideal.
Terdapat dua model untuk menganalisis campuran beberapa gas yaitu model Dalton dan model Amagat.model Dalton, sifat – sifat dari setiap komponen gas campuran berada paad tekanan terpisah dengan volume campuran. Sedangkan model Amagat, sifat-sifat dari setiap komponen dianggap seolah –olah setiapkomponen gas campuran berada terpisah pada volume dengan tekanan campuran.
Sebagai petunjuk belajar, setelah mempelajari  seluruh bab diharapkan dapat
1.      Menuliskan arti istilah yang dicetak miring dan tebal dalam bagian teks.
2.      Menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan diakhir bab.
3.      Menjelaskan tentang sistem termodinamik.
4.      Menjelaskan tentang sifat sistem dan membedakan antara besaran ekstensif dan besaran intensif
5.      Menjelaskan berbagai jenis kesetimbangan dan proses termodinamika
6.      Mendefinisikan tekanan dan menguraikan berbagai jenis tekanan
7.      Menjelaskan hukumke nol termodinamika
8.      Menentukan skala suhu dan mengkonversi suhu dalam berbagai skala suhu termodinamik dalam satuan metris maupun keteknikan.

Sumber : Buku Termodinamika Penerbit Ainie Khuriati Riza Sulistiati Penerbit Graha Ilmu halaman 46-47



0 Comments:

Post a Comment



Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

By :
Free Blog Templates