Kamis, 02 April 2015

Daya guna (Eksergi) dan Keadaan Mati

Dayaguna (Eksergi)

Apabila interaksi kalor terjadi antara sistem dan lingkungannya, kerja berguna maksimum yang dapat dilakukan oleh sistem menunjukkan dayaguna (eksergi) energy sistemnya. Kerja maksimum dilakukan hanya bila sistem mengalami proses reversible sebelum sistem akhirnya mencapai kesetimbngan dengan lingkungannya. Setelah kesetimbangan tercapai, sistem tidak dapat lagi membangkitkan kerja lebih lanjut, dan nilai dayagunanya menjadi nol.
            Menurut hukumpertama, energy tidak dapat dimusnahkan selama proses, hanya dapat berubah bentuk dari satu ke lainnya. Sebaliknya oleh bertambahnya entropi (hokum ke dua termodinamika). Mjusnahnya dayaguna sebanding dengan meningkatknya entropi sistem dan lingkungan. Dayaguna yang dimusnahkan disebut energy tak berdayaguna.
Keadaan Mati
Jika keadaan materi dalam sistem tertutup yang berjumlah tertentu dan terpisah dari lingkungan, kesempatan terjadinya kerja menurun dan akhirnya hilang ketika sistem dan lingkungan mecapai kesetimbangan.
Sekali sistem dan lingkungan berada dalam kesetimbangan, tidak ada perubahan keadaan lebih lanjut dari sistem yang dapat terjadi secara spontan. Pada keadaan ini, sistem tidak dapat lagi membangkitkan kerja. Bila sebuah sistem dan lingkungannya ada dalam kesetimbangan satu sama lain, sistem dikatakan dalam keadaan mati. Misalkan keadaan berubah dari keadaan awal 1 ke keadaan akhir 0. Pada keadaan ini sistem berada dalam kesetimbangan termal dan mekanis dengan lingkungan. Kerja reversible maksimum yang dilakukan
Wrev = (-Qrev – ΔE) + (Qrev + T0 ΔS)
= - ΔE + T0 ΔS = - (E0-E)+ T0  (S0-S)       (6-44)
= (E - T0S) – (E0 - T0 S0)
Perpindahan kerja berguna didefinisikan sebagai perpindahan kerja reversible maksimum dikurangi kerja dilakukan oleh atmosfer, dapat dituliskan sebagai
Wu = Wrev-Wlingk
Jika tekanan lingkungan adalah po, kerja yang dilakukan oleh atmosfer adalah
Wlingk= p0 (V0-V) = -p0(V -V0)
Sehingga kerja berguna Wu = Wrev - p0  ΔV (6-45)
Atau
Wu = Wrev - p0 dv/dt
Kerja berguna
Wrev,u = (E- T0S) = (E0 - T0 S0) - p0 (V0-V)               (6-46)
            Energi E mencakup energy kinetic, energy potensial, dan energy dalam dari sistem.
Sumber : Buku Termodinamika Penerbit Ainie Khuriati Riza Sulistiati Penerbit Graha Ilmu halaman 212



0 Comments:

Post a Comment



Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

By :
Free Blog Templates