Sabtu, 21 Maret 2015

Pengertian Dan Jenis- Jenis Turbin


             Turbin adalah suatu alat atau mesin penggerak mula, di mana energi fluida kerja yang langsung dipergunakan untuk memutar roda turbin melalui nosel di teruskan ke sudu-sudunya. Jadi, berbeda dengan yang terjadi pada mesin torak, pada turbin tidak terdapat bagian mesin yang bergerak  translasi. Bagian turbin yang berputar dinamai rotor atau roda turbin, sedangkan bagian yang tidak berputar  dinamai  stator atau rumah turbin. Roda turbin terletak di dalam rumah turbin dan roda turbin memutar poros daya yang  menggerakkan atau memutar bebannya (generator listrik, pompa, kompresor, baling-baling atau mesin lainnya).

            Di dalam turbin fluida kerja mengalami proses ekspansi, yaitu proses penurunan tekanan, dan mengalir secara kontinu. Fluida kerjanya dapat berupa air, uap air atau gas.
Turbin Air

KAPLAN : Sebuah turbin baling-baling umumnya memiliki pelari dengan 3-6 bilah di mana kontak air semua pisau terus-menerus. Gambar baling-baling kapal berjalan di pipa. Melalui pipa, tekanan adalah konstan, jika tidak, pelari akan seimbang. Pitch dari pisau mungkin sudah ditetapkan atau dapat disesuaikan, yang memungkinkan untuk berbagai operasi yang lebih luas .. Komponen utama selain runner adalah sebuah gulungan kasus, gerbang gawang, dan tabung draft.
turbin Kaplan dengan kurva efisiensi datar bisa – tanpa kerugian pemanfaatan dalam kisaran beban sebagian – dirancang untuk arus nominal besar. Desain terakhir bisa memasukkan:
-Masing-masing rencana instalasi turbin.

- Aliran besar.

- Persyaratan sipil Kecil dalam kasus bangunan baru.

- Optimal dengan masuk frontal dan debit.

 -Untuk aliran maksimum pada pembangkit listrik sungai.

 -Direct-aliran horisontal dan turbin air pit-vertikal.

-Pisau runner terbuat dari perunggu atau stainless steel.

 -Efisiensi Excellent juga dicapai berkat beban parsial dengan penggunaan kontrol dua-tingkat.
 -Kontrol drive melalui tekanan-tinggi unit hidrolik.
 -Darurat penutupan aparat panduan oleh gravitasi, dengan menutup beban.
 -Mekanisme melintasi menutup turbin untuk penuh, oleh karena itu, tidak perlu menginstal sebuah pelat    penutup.
- Compact struktur dengan persyaratan ruang diminimalkan.
Turbin Uap

Turbin Uap (steam turbine) adalah suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial uap menjadi energi kinetik dan energi kinetik ini selanjutnya diubah menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin, langsung atau dengan bantuan roda gigi reduksi, dihubungkan dengan mekanisme yang digerakkan. Tergantung pada mekanisme yang digerakkan, Turbin uap dapat digunakan pada berbagai bidang industri, untuk pembangkit tenaga listrik, dan untuk transportasi.


Sumber :

Wiranto Arismunandar “Penggerak Mula Turbin”. penerbit itb bandung 1982. P. Shlyakhin “Turbin Uap (Steam Turbines)”. penerbit erlangga 1999.
Sumber gambar:

http://www.tridentes.com/energy/en/turbines.html http://www.ynqlj.com/ynsts/show.asp?id=3899 http://arya1984.wordpress.com/2010/02/14/turbin-gas/


0 Comments:

Post a Comment



Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

By :
Free Blog Templates